cover
Contact Name
Rudi Salam, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
rudisalam@unm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudisalam@unm.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Office
ISSN : 24600067     EISSN : 27223655     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Office adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu administrasi, ilmu manajemen, kebijakan publik, dan kegiatan lainnya yang relevan.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015" : 15 Documents clear
EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KEARSIPAN PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN GOWA PROVINSI SULAWESI SELATAN Saputri, Imelda Alwiyah; Tambe, M. Nippi; Darwis, Muhammad
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan kearsipan pada kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan efektivitas pengelolaan kearsipan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai pada kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 145 orang. Peneliti mengambil sampel sebanyak 42 orang dan penarikan sampel dilakukan secara Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik persentase dalam bentuk tabel frekuensi. Kata Kunci : Pengelolaan Kearsipan
PENERAPAN PRINSIP PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR DESA PANCIRO KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA, INDONESIA Daraba, Dahyar
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.615 KB) | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1639

Abstract

Penelitian ini adalah deskriptif analisis kualitatif. sumber data yang digunakan adalah masyarakat penerima layanan utama penelitian adalah staf yang ada di kantor Desa Panciro Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, yakni Kepala Desa dan staf, beserta masyarakat, organisasi di tingkat pedesaan dan lembaga terkait menyangkut pelayanan administrasi. Disamping sumber primer, penelitian juga menggunakan sumber data sekunder berupa dokumen, laporan, dan sumber lain yang dianggap relevan. populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menerima layanan, maka penarikan sampel dilakukan berdasarkan accidental sampling dengan Purposive Random Sampling, dimana dalam penarikan sampel tidak ditentukan berdasarkan karakteristiknya tetapi kepada siapa saja populasi yang kebetulan datang menerima layanan. Untuk itu, ditetapkan jumlah sampel sebanyak 46 sebagai responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang mengikuti model analisis interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari data reduction (reduksi data), data display, drawing/verifying dan conclusions.Kata Kunci: Prinsip Pelayanan, Administrasi
PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS TENAGA KERJA KOTA MAKASSAR ., Irwansyah; Amirullah, Abd. Hafid; Saleh, Sirajuddin
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1531

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang menunjukkan hubungan kausal yakni hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 125 orang, dan sampel sebanyak 40 persen dari populasi atau 50 orang dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan pegawai tergolong dalam kategori sangat tinggi yang ditinjau dari indikator datang tepat waktu dan teratur, berpakaian rapi di tempat kerja, menggunakan perlengkapan kantor, mengikuti cara kerja yang ditentukan oleh organisasi, dan memiliki tanggung jawab. Tingkat efektivitas kerja pegawai tergolong dalam kategori sangat tinggi yang ditinjau dari indikator kuantitas kerja, kualitas kerja, pemanfaatan waktu dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap efektivitas kerja pegawai pada dengan tingkat pengaruh sedang. Kata Kunci: Kedisiplinan, Efektivitas Kerja Pegawai
PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI AP1 DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR Hartina, Ridha Swi; Tambe, M. Nippi; Darwis, Muhammad
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan media pembelajaran visual dalam proses pembelajaran siswa kelas XI AP1 di SMK Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang dipergunakan adalah analisis data interaktif, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan media pembelajaran visual dalam proses pembelajaran siswa kelas XI AP1 di SMK Negeri 1 Makassar telah dirasakan manfaatnya. Peranan ini didasarkan pada beberapa peran yang dimiliki media pembelajaran visual yang berjalan dengan baik dalam proses pembelajaran. Peranan itu meliputi, (1) menarik dan mengarahkan perhatian siswa dalam berkonsentrasi, (2) menggugah emosi dan sikap dalam menganalisis dan menanggapi berbagai fenomena, (3) memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan, dan (4) membantu siswa untuk memahami teks. Peranan-peranan tersebut pada umumnya dapat kita lihat pada penggunaan media visual (power point) yang dominan digunakan oleh guru di kelas XI AP1 di SMK Negeri 1 Makassar yang didesain dengan berbagai animasi yang mendukung dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran visual, proses pembelajaran siswa
PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN TENTANG PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK PADA BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Agi, Annisa Adam; Kahar, Fakhri; Akib, Haedar
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1640

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terkait dengan pelayanan administrasi akademik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Adapun jumlah populasi penelitian ini adalah 237 orang yang terdiri atas mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012 hingga angkatan 2014, dijadikan sampel sebanyak 71 responden dan 4 orang informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentasi dan distribusi secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Administrasi Akademik pada Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar tergolong cukup baik. Adapun indikator yang digunakan ada lima yaitu prosedur pelayanan merupakan prosedur pelayanan yang dibakukan bagi pemberi, waktu pelayanan merupakan waktu penyelesaian ditetapkan sejak saat pengajuan masalah yang dihadapi mahasiswa sampai dengan penyelesaian sehingga dapat mengefesiensikan waktu yang ada, produk pelayanan merupakan hasil pelayanan yang akan diterima, sarana dan prasarana merupakan penyediaan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai dan kompetensi pegawai merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pegawai dalam memberikan pelayanan. Adapun indikator yang kurang baik yaitu prosedur dan waktu pelayanan.Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Pelayanan Administrasi Akademik
EFEKTIVITAS TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA JURUSAN PRODUKSI SISWA SMK NEGERI 1 PALLANGGA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA Novianti, Selvi; Amirullah, Abd. Hafid; ., Herman
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknologi Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran pada Jurusan Produksi Siswa SMK Negeri 1 Pallangga kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini bersifat deskripsi kuantitatif dengan populasi sebanyak 113 orang dan Penentuan jumlah sampel sebesar 25 persen dari jumlah populasi sehingga diperoleh 50 sampel. Penarikan sampel dilakukan secara Probability Sampling dengan tehnik Simple Random Sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan melalui teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan disajikan melalui tabel frekuensi dan diolah melalui teknik penghitungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Teknologi Pembelajaran dalam proses Belajar Mengajar pada Jurusan Produksi Siswa SMK Negeri 1 Pallangga berada pada kategori Efektif, ditinjau dari segi Disain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan, dan Evaluasi. Kata Kunci: Teknologi Pembelajaran, proses pembelajaran 
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR Bustamin, Asprianti; Darwis, Muhammad; Saleh, Sirajuddin
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: untuk mengetahui peranan kepala sekolah sebagai supervisor di SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini merupakan Deskriptif yaitu menggambarkan “apa adanya” tentang variabel peran kepala sekolah sebagai supervisor. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh guru di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 67 orang, dan sampel dalam penelitian ini yaitu keseluruhan yang menjadi populasi yaitu sebanyak 67 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMK Negeri 1 Makassar, ditinjau dari setiap indikator yang ada, seperti indikator bimbingan mendapatkan perolehan hasil sebesar 83,37 persen, indikator bantuan diperoleh sebesar 87,31 persen, indikator pengawasan diperoleh hasil sebesar 83,21 persen, dan untuk indikator penilaian diperoleh hasil sebesar 87,76 persen. Sehingga secara umum dapat dikatakan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor di SMK Negeri 1 Makassar tergolong baik dengan hasil capaian olah data variabel yang diperoleh sebesar 84,91 persen. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor
PENGARUH METODE MENGAJAR BERVARIASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 MAKASSAR Amaliyah, Reski; Akib, Haedar; Tambe, M. Nippi
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1641

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) metode mengajar bervariasi guru di Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar, 2)  tingkat motivasi belajar siswa di Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar, 3) pengaruh metode mengajar bervariasi guru terhadap motivasi belajar siswa di Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  untuk mengetahui hubungan kedua variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 424 orang, dan sampel dalam penelitian ini yaitu 10 persen dari populasi yaitu sebanyak 43 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mengajar bervariasi guru dilihat dari aspek variasi suara, penekanan, kesenyapan atau kebisuan guru, kontak pandang, gerakan badan atau mimik, dan perubahan posisi pada  jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Makassar berada pada kategori baik. Tingkat motivasi belajar siswa dilihat dari aspek kuatnya kemauan untuk berbuat, jumlah waktu yang disediakan untuk belajar, kerelaan meninggalkan kewajiban atau tugas yang lain, dan ketekunan dalam mengerjakan tugas pada jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Makassar berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: Metode Mengajar Bervariasi Guru,  Motivasi Belajar Siswa
PENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 7 MAKASSAR ., Rahmawati; Akib, Haedar; Saleh, Sirajuddin
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepala sekolah sebagai supervisor di SMK Negeri 7 Makassar, dan gambaran kinerja guru serta pengaruh kepala sekolah sebagai supervisor tehadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan populasi adalah guru di berjumlah 50 orang. Karena sampelnya kecil maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rata-rata (mean), standar deviasi, dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas data, analisis regresi linear sederhana untuk pengujian hipotesis, serta analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai supervisor tergolong dalam kategori baik, dalam hal ini didukung oleh bimbingan, bantuan, pengawasan, penilaian. Sedangkan kinerja guru di SMK Negeri 7 Makassar tergolong pada kategori sangat baik, dalam hal ini didukung oleh perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, evaluasi/penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kinerja guru di SMK Negeri 7 Makassar yang berkorelasi kuat. Kata Kunci: Kepala Sekolah sebagai Supervisor, Kinerja Guru
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR Andriana, Ayu; Tambe, M. Nippi; Saleh, Sirajuddin
Jurnal Office Vol. 1, No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jo.v1i2.1637

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya tentang variabel kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 67 orang, dan sampel dalam penelitian ini yaitu keseluruhan yang menjadi populasi yaitu sebanyak 67 orang atau penelitian populasi. Pengumpulan data dengan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Makassar dapat dikategorikan ditinjau dari segi pemahaman terhadap peserta didik, perencangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik.Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Proses Pembelajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 15